Monday, November 9, 2015

Rpp Al-Quran Hadis Kelas 7 Mts Kurikulum 2013 Revisi 2017

ads.id Trade
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MTs ………..
Mata Pelajaran : Qur’an Hadis
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi : Al-Qur’an dan Hadist sebagai Pedoman Hidupku
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 10 x 40 Menit (5 pertemuan)

A. Kompetensi Inti:
No
Kompetensi Inti
KI-1
Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya

KI-2
Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata

KI-4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Materi Pokok
1.1  Meyakini  al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup
1.1.1   Meyakini Alquran dan dan Hadits sebagai pedoman hidup
Al-Qur’an dan Hadist sebagai Pedoman Hidupku
2.1  Memiliki sikap menyayangi al Alquran dan Hadis dalam kehidupan.
2.1.1   Berperilaku yang sesuai dengan al Alquran dan Hadis dalam kehidupan
3.1  Memahami kedudukan al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia.
3.1.1   Menjelaskan pengertian dan fungsi al-Quran
3.1.2   Menjelaskan pengertian dan fungsi Hadits
3.1.3   Membedakan fungsi al-quran dan Hadis
4.1  Mempraktikkan cara hidup yang sesuai dengan Al Qur’an dan hadis.
4.1.1    Menjelaskan cara memfungsikan al-Quran dan Hadis dalam kehidupan
4.1.2    Menjelaskan cara menyayangi al-Quran dan Hadis
4.1.3    Menjelaskan ciri sikap orang yang menyayangi al-Quran dan Hadis
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan diharapkan akseptor didik bisa menjelaskan pengertian dan fungsi al-Quran dan Hadis, membedakan fungsi keduanya dalam kehidupan, cara mencintainya dan juga bisa menjelaskan sikap seseorang yang menyayangi al-Quran dan Hadis Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian dan fungsi al-Quran dan Hadis
2. Cara memfungsikan al-Quran dan hadis
3. Cara menyayangi al-Quran dan Hadis
4. Ciri-ciri sikap orang yang menyayangi al-Quran dan Hadis

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning 
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar:
1. Al-Quran dan Terjemahnya
2. Buku Guru dan buku Siswa Mata pelajaran Qur’an Hadits MTs. Kls VII
3. Internet
4. Buku-buku lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK Religius)
v  Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
Motivasi
v  Memberikan citra ihwal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang:
®        Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v   Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
v  Memberitahukan ihwal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
dengan cara :
v  Mengamati (Literasi)
Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja,gambar/video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia 
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan 
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  Mendengar
Peserta didik diminta untuk mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan:
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  Menyimak,
Peserta didik diminta untuk menyimak klarifikasi pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global ihwal materi pelajaran  mengenai :
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan akseptor didik
Menanya
Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan ihwal : (HOTS)
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis ihwal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks, (Literasi TIK)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah atau internet untuk mencari dan membaca artikel ihwal
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  Aktivitas
Setelah membaca dengan seksama kedua dongeng tersebut, tentu ada banyak hal yang kalian pikirkan. Maka cobalah untuk menulis apa yang kalian renungkan dari kedua dongeng tersebut pada kolom berikut ini:
No
Kata Tanya
Kalimat Tanya
1


2


3


dst


v  Saling tukar informasi tentang  :
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal ihwal :
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  ihwal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis ihwal
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya ihwal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, balasan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menunjukan :
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan. (Literasi)
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit
2 . Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK Religius)
v  Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
®        Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
Motivasi
v  Memberikan citra ihwal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang:
®        Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
v  Memberitahukan ihwal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
dengan cara :
v  Mengamati (Literasi)
Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja,gambar/video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan:
®         Pengertian al-Quran dan Hadis 
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan 
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Mendengar
Peserta didik diminta untuk mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan:
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Menyimak,
Peserta didik diminta untuk menyimak klarifikasi pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global ihwal materi pelajaran  mengenai :
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan akseptor didik
Menanya
Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan ihwal : (HOTS)
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis ihwal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks, (Literasi TIK)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah atau internet untuk mencari dan membaca artikel ihwal
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Mendiskusikan
1.    Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang di tiap kelompoknya.
2.    Guru membaginya dengan cara menyebutkan angka. Caranya:
a.    Peserta didik berhitung secara berurutan dan masing-masing menghapalkan nomornya.
b.    Jadikan angka 1 hingga sepuluh menjadi dua kelompok yaitu kelompok angka ganjil  dan kelompok angka genap.
c.    Jadikan angka 11 hingga angka 20 menjadi dua kelompok yaitu kelompok ganjil dan  kelompok genap.
d.    Begitu seterus, sesuaiakan dengan jumlah akseptor didik dalam satu kelas
e.    Guru bisa mengembangkannya menurut jumlah akseptor didik
1.    Guru membagikan lembar diskusi kepada tiap kelompok. Contoh lembar diskusi untuk bab
“Al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup”  sebagai berikut:
Diskusikan perkara berikut bersama kelompokmu, dan jangan lupa tulis kesannya pada kolom
bawah!
v  Saling tukar informasi tentang  :
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal ihwal :
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  ihwal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis ihwal
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya ihwal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, balasan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menunjukan :
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan. (Literasi)
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
- Pilihan ganda
- Uraian/esai 
2) Tes Lisan
· Tes mulut pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
· Mempelajari buku teks dan sumber lain ihwal materi pokok
· Menyimak tayangan/demo ihwal materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
· Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remidial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua kepingan : remedial alasannya yaitu belum mencapai KKM dan remedial alasannya yaitu belum mencapai Kompetensi Dasar 
  • Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan menunjukkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut. 
b. Pengayaan 
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar. 
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai akad dengan akseptor didik. 
  • Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya 

                                                                                        ………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala MTs                                                                   Guru Mata Pelajaran



……………………………………                           …………………………………….
NIP/NRK.                                                                  NIP/NRK.



Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Untuk mendapatkan RPP al-Quran hadis Bab 1 (satu) semester ganjil kelas VII MTs full lima pertemuan dalam versi file silahkan klik halaman ini.