Friday, March 9, 2012

Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 Dan 9 Smp/Mts Revisi 2017

ads.id Trade
 mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  secara  umum  bertujuan  biar  siswa bisa mendengark Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs Revisi 2017
Silabus Bahasa Indonesia SMP
Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan biar siswa bisa mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan menurut tiga hal lingkup bahan yang saling bekerjasama dan saling mendukung pengembangan kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa (mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis) siswa. Kompetensi perilaku secara terpadu dikembangkan melalui kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa. Ketiga hal lingkup bahan tersebut yaitu bahasa (pengetahuan ihwal Bahasa Indonesia); sastra (pemahaman, apresiasi, tanggapan, analisis, dan penciptaan karya sastra); dan literasi (perluasan kompetensi berbahasa Indonesia dalam banyak sekali tujuan, khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis).

Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs Revisi 2017 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) bahan dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs Revisi 2017 ini merupakan pola bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia biar siswa bisa membuatkan kepercayaan diri sebagai komunikator, pemikir (termasuk pemikir imajinatif), dan menjadi warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Silabus ini bersifat fleksibel. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia secara leluasa sanggup membina dan membuatkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku berkomunikasi yang dibutuhkan siswa dalam menempuh pendidikan, hidup di lingkungan sosial, dan berkecakapan di dunia kerja.


Setelah mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diharapkan siswa mampu:
  1. berbahasa Indonesia dengan pementingan pada kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis;
  2. mengembangkan kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis melalui media teks. Teks merupakan perwujudan aktivitas sosial dan mempunyai tujuan sosial. Pencapaian tujuan ini diwadahi oleh karakteristik: cara pengungkapan tujuan sosial (yang disebut struktur retorika), pilihan kata yang sesuai dengan tujuan, dan tata bahasa yang sesuai dengan tujuan komunikasi; dan
  3. berkomunikasi dalam bentuk tulisan, lisan, atau multimodal (yakni teks yang menggabungkan bahasa dan cara/media komunikasi lainnya menyerupai visual, bunyi, atau verbal sebagaimana disajikan dalam film atau penyajian komputer).
Artikel terkait lainnya: