RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MTs
Mata Pelajaran : SKI
Kelas / Semester : VIII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Materi Pokok : Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
Alokasi Waktu : 8 JP (4 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti No | Kompetensi Inti |
KI-1 | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya |
KI-2 | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
KI-3 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata |
KI-4 | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
1.1 Menghayati ibrah atau nilai positif dari proses berdirinya Dinasti Abbasiyah | 1.1.1 Pembiasaan mengambil Ibrah atau nilai-nilai dari proses berdirinya Dinasti Abbasiyah |
2 2.1 Menunjukkan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah | 2.1.1 Pembiasaan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah |
3 3.1 Memahami sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah. | 3.1.1 Menjelaskan Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah. 3.1.2 Mengidentifikasi faktor pendukung sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah 3.1.3 Mengidentifikasi proses terbentuknya sejarah Dinasti Abbasiyah |
4 4.1 Menceritakan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah | 1 2 3 4 4.3 4.1.1 Menampilkan tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah. 4.1.2 Menyebutkan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah. 4.1.3 Menyebutkan nama–nama khalifah dinasti Abbasiyah |
C. Tujuan Pembelajaran Melalui acara pembelajaran dengan memakai model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, akseptor didik diharapkan bisa Menghayati upaya Dinasti Bani Abbasiyah mendirikan Daulah merupakan penggalan dari perkembangan kebudayaan Islam, Menghargai nilai-nilai positif dari khalifah Dinasti Bani Abbasiyah yang menonjol, Menghargai keteladanan yang berupa ketekunan dan kegigihan khalifah Dinasti Bani Abbasiyah yang terkenal, Memahami latar belakang berdirinya Dinasti Bani Abbasiyah serta bisa Menceritakan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran 1. Fakta:
2. Konsep
- Menjelaskan Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
- Mengidentifikasi faktor pendukung sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
- Mengidentifikasi proses terbentuknya sejarah Dinasti Abbasiyah.
3. Prinsip
- Pembiasaan mengambil Ibrah atau nilai-nilai dari proses berdirinya Dinasti Abbasiyah
- Pembiasaan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
4. Prosedur
- Menampilkan tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
- Menyebutkan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah.
- Menyebutkan nama–nama khalifah dinasti Abbasiyah
E. Metode Pembelajaran 1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran 1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (slide power point)
4. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
5. Perpustakaan sekolah
6. Whiteboard
7. Spidol
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Modul/bahan ajar,
4. internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK Religius) v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis) Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif) v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi akseptor didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah dengan cara : v Mengamati (Literasi) Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja,gambar/video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan: ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah v Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung), Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah v Mendengar Peserta didik diminta untuk mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan: ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah v Menyimak, Peserta didik diminta untuk menyimak klarifikasi pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan akseptor didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : (HOTS) ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi perhiasan perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, (Literasi TIK) Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah atau internet untuk mencari dan membaca artikel perihal ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah v Mendiskusikan ® Peserta didik diminta menciptakan kelompok diskusi yang terdiri dari 3-5 orang untuk mendiskusikan latar belakag dan proses berdirinya dinasti abbasiyah v Saling tukar informasi tentang : ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, balasan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah v informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pertolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan : ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah | | 60 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan. (Literasi)
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai pribadi diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 10 menit |
2 . Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK Religius) v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ® Keruntuhan dinasti bani umayyah ® Faktor runtuhnya dinasti bani umayyah ® Latar belakang berdirinya dinasti abbasiyah ® Proses berdirinya dinasti abbasiyah v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis) Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif) v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi akseptor didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah dengan cara : v Mengamati (Literasi) Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja,gambar/video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan: ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah v Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung), Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah v Mendengar Peserta didik diminta untuk mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan: ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah v Menyimak, Peserta didik diminta untuk menyimak klarifikasi pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan akseptor didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : (HOTS) ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi perhiasan perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, (Literasi TIK) Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah atau internet untuk mencari dan membaca artikel perihal ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah v Aktivitas ® Peserta didik diminta menganalisis tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Peserta didik diminta mengklasifikasikan khalifah-khalifah yang berjasa besar bagi kejayaan dinasti abbasiyah ® Peserta didik diminta menyebutkan atau menuliskan silsilah khalifah dinasti abbasiyah v Saling tukar informasi tentang : ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, balasan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah v informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pertolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan : ® Tokoh pendiri dinasti abbasiyah ® Silsilah khalifah dinasti abbasiyah | | 60 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan. (Literasi)
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai pribadi diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 10 menit |
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1. Teknik Penilaian a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
- a) Pilihan ganda
- b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
- Tes verbal pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
- Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal materi pokok
- Menyimak tayangan/demo perihal materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
d. Pertemuan Keempat (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua penggalan : remedial sebab belum mencapai KKM dan remedial sebab belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.
b. Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai akad dengan akseptor didik.
- Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
…………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala MTs Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Bagi yang membutuhkan RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII Semester 1 Babi lengkap dalam bentuk file silahkan kunjungi halaman
disini.